Rabu, 11 Juni 2014

Manfaat Pramuka Sebagai Peranan Mencerdaskan Anak Bangsa

  1. Tema : Peranan Pramuka Dalam Mencerdaskan Anak Bangsa
  2. Judul : Manfaat Pramuka Sebagai Peranan Mencerdaskan Anak Bangsa
         Hai Sobat Bloggers . . .
    Pramuka, kata yang udh gak asingkan buat kalian?,Pramuka merupakan salah satu ekskul wajib yang diadakan hampir di semua tingkatan sekolah mulai dari SD, SMP maupun SMA. Pramuka itu di kenal sebagai ekskul yang memerlukan banyak keahlian fisik, tenaga ,keterampilan dan lain-lain, Tapi tau gak sih di balik itu semua, pramuka merupakan salah satu ekstrakulikuler yang paling berperan dalam mencerdaskan anak bangsa.Selain itu, jika di bawa enjoy aja, pramuka bisa jadi ekskul yang seru dan asyik kok . . .
              Oke, kembali ke tema awal yaitu, tentang peranan pramuka dalam mencerdaskan anak bangsa. Kalian mungkin bertanya-tanya kok bisa ekskul pramuka yang kebanyakan memerlukan keahlian fisik itu bisa mencerdaskan anak bangsa, emangnya kalo ikut bisa langsung pinter?
     Dalam artikel kali ini saya akan membahas kenapa pramuka itu bisa mencerdaskan anak bangsa. . .
    1.    Yang pertama, anak pramuka itu dilatih dan dibiasakan untuk disiplin, terutama disiplin waktu. Secara tidak langsung jika kita sudah disiplin dalam waktu, kita tidak akan menyia-nyiakan waktu untuk hal yang tidak berguna. Otomatis jika kita sudah disiplin waktu kita akan lebih memanfaatkan waktu untuk hal yang lebih berguna seperti belajar.
    2.    Yang kedua, anak pramuka dilatih untuk berani menyampaikan pendapat, kritik, ataupun saran didepan umum. Secara tidak langsung anak akan lebih aktif untuk bertanya di kelas, sehingga dapat meningkatkan prestasi di kelas.
    3.    Yang ketiga, anak pramuka dilatih fisik dengan tujuan agar kondisi badan lebih sehat dan bugar, yang akan berpengaruh dalam penilaian dalam bidang olahraga.
    4.    Yang Keempat, anak pramuka memiliki jiwa social yang tinggi, selain itu anak pramuka dapat mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diterapkan dalam salah satu bidang pelajaran seperti PKN ataupun Sosiologi.
    5.    Yang Keelima, anak pramuka dibiasakan untuk selalu mendahulukan ibadah dan dapat menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari, yang secara otomatis akan mendapatkan keahlian dalam bidang agama yang dapat meningkatkan nilai pada bidang study agama.

          Itu, semua sudah cukupkan sobat bloggers untuk menjawab pertanyaan “Kenapa pramuka itu dapat mencerdaskan anak bangsa?” Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang masih bisa kita temukan dalam kegiatan pramuka. Kalo ingin bukti’in, coba ikut deh ekskul pramuka, kalian pasti akan dapat merasakan manfaatnya secara langsung  ataupun tidak langsung.

    Sekian artikel dari saya, semoga dapat bermanfaat untuk sahabat blogger . . . #Kritik dan saran sangat diperlukan.

    BY : Mohammad Agung Dirmawan 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar