Pemasaran
Kami ingin membuat usaha PLTA dan kami membutuhkan modal
misal:
Kami memiliki modal Rp. 1.000.000 yang akan kami gunakan untuk membuat 10 unit PLTA
Berikut adalah rinciann pembuatan PLTA per unit
NO
|
Bahan
|
Harga
|
1
|
Kayu
|
Rp. 30.000 |
2
|
DInamo sepeda
|
Rp. 30.000
|
3
|
Kincir
|
Rp. 10.000
|
4
|
Cat & lem
|
Rp. 20.000
|
Jumlah | Rp. 90.000 |
satu unit PLTA kurang lebih membutuhkan modal Rp. 90.000, dan jika kami
ingin membuat 10 unit PLTA, maka Rp. 90.000 x 10 = Rp. 900.000
Dari modal yang kita punya, maka akan sisa RP. 100.000 , kami gunakan
untuk dana transpor, dana konsumsi, dana publikasi dan dana produk
baterai
Jika setiap unit dapat menghasilkan (misal) 1,5 Volt, maka dengan 10
unit PLTA, kami dapat membuat 15 Volt per harinya, dalam kurung waktu 1
minggu, PLTA kami dapat menghasilkan 105 Volt per minggunya.
Setiap 1,5 Volt, kami kemas dalam baterai berukuran 1,5 Volt dengan
harga (misal) Rp.5000, dengan 10 unit PLTA, kami menghasilkan Rp.
350.000 (70 baterai) setiap minggunya.
Dari pendapatan Rp. 350.000 itu belum termasuk dana perawatan dan
pemeliharaan, contoh dana perbaikan kincir, dana perbaikan kumparan
dalam dinamo sepeda, semua itu membutuhkan dana sekitar Rp. 20.000 per
unitnya, jadi 10 unit menjadi Rp. 200.000
Dana pendapatan - Dana Pemeliharaan
Rp. 350.000 - Rp. 200.000 = Rp. 150.000Ini adalah produk yang kami jual:
Baterai 1,5 Volt
Wirausaha
1. Pemetaan dan Pemanfaatan Peluang Usaha
Pemetaan peluang usaha dimaksudkan utnuk menemukan peluang dan potensi usaha yang dapat dimanfaatkan, serta untuk mengetahui besarnya potensi usaha kamu yang tersedia dan berapa lama usaha dapat bertahan. Ancaman dan peluang selalu menyertai suatu usaha sehingga penting untuk melihat dan memantau perubahan lingkungan dan kemampuan adaptasi dari usaha kami agar dapat tumbuh dan bertahan dalam persaingan
Pemetaan potensi usaha kami didasarkan pada sektor unggulan dari daerah, seperti:
-Daerah yang memerlukan energi listrik kecil
-Daerah yang memilik hembusan angin yang cukup untuk menghasilkan listrik
-dan daerah-daerah lain
Maka dari itu, pemetaan potensi menjadi sangat penting untuk mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah. Pemetaan potensi usaha kamu dapat dilakukan secara kuantatif maupun kualitatif.
2. Analisis SWOT
Analisa SWOT adalah suatu kajian terhadap lingkungan internal dan eksternal wirausaha/perusahaan. Analisis internal lebih menitikberatkan pada aspek kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness), sedangkan analisis eksternal untuk menggali dan mengidentifikasi semua gejala peluang (opportunity) yang ada dan yang akan datang serta ancaman (threat) dari kemungkinan adanya pesaing/calon pesaing.
Ini adalah analisi SWOT dari produk PLTA kami:
Kekuatan/kelebihan:
-Tidak memerlukan banyak dana
-Tidak memerlukan banyak tempat
-Mudah mencari bahannya
Kelemahan/kekurangan:
-Produk ini terlalu sederhana
-Hanya bisa di daerah yang memiliki hembusan angin yang cukup tinggi
-Menghasilkan tenaga listrik yang kecil
Peluang:
-Karena sederhana, maka barang ini murah untuk dibeli
-Dibutuhkan bagi yang memerlukan tenaga listrik kecil
Ancaman:
-Banyak pesaing yang lebih tinggi kualitasnya
-Mudah rusak
Dan ini analisis SWOT dari produk baterai kami:
Kekuatan/kelebihan:
-Dapat dipakai dimanapun asalkan ada tempat baterai
Kelemahan/kekurangan:
-Tidak memiliki tenaga listrik yang banyak
Peluang:
-Lebih banyak dicari dalam bentuk baterai daripada PLTA
Ancaman:
-Banyak pesaing yang lebih unggul
Itu adalah analisis sederhana kami
Pemetaan peluang usaha dimaksudkan utnuk menemukan peluang dan potensi usaha yang dapat dimanfaatkan, serta untuk mengetahui besarnya potensi usaha kamu yang tersedia dan berapa lama usaha dapat bertahan. Ancaman dan peluang selalu menyertai suatu usaha sehingga penting untuk melihat dan memantau perubahan lingkungan dan kemampuan adaptasi dari usaha kami agar dapat tumbuh dan bertahan dalam persaingan
Pemetaan potensi usaha kami didasarkan pada sektor unggulan dari daerah, seperti:
-Daerah yang memerlukan energi listrik kecil
-Daerah yang memilik hembusan angin yang cukup untuk menghasilkan listrik
-dan daerah-daerah lain
Maka dari itu, pemetaan potensi menjadi sangat penting untuk mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah. Pemetaan potensi usaha kamu dapat dilakukan secara kuantatif maupun kualitatif.
2. Analisis SWOT
Analisa SWOT adalah suatu kajian terhadap lingkungan internal dan eksternal wirausaha/perusahaan. Analisis internal lebih menitikberatkan pada aspek kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness), sedangkan analisis eksternal untuk menggali dan mengidentifikasi semua gejala peluang (opportunity) yang ada dan yang akan datang serta ancaman (threat) dari kemungkinan adanya pesaing/calon pesaing.
Ini adalah analisi SWOT dari produk PLTA kami:
Kekuatan/kelebihan:
-Tidak memerlukan banyak dana
-Tidak memerlukan banyak tempat
-Mudah mencari bahannya
Kelemahan/kekurangan:
-Produk ini terlalu sederhana
-Hanya bisa di daerah yang memiliki hembusan angin yang cukup tinggi
-Menghasilkan tenaga listrik yang kecil
Peluang:
-Karena sederhana, maka barang ini murah untuk dibeli
-Dibutuhkan bagi yang memerlukan tenaga listrik kecil
Ancaman:
-Banyak pesaing yang lebih tinggi kualitasnya
-Mudah rusak
Dan ini analisis SWOT dari produk baterai kami:
Kekuatan/kelebihan:
-Dapat dipakai dimanapun asalkan ada tempat baterai
Kelemahan/kekurangan:
-Tidak memiliki tenaga listrik yang banyak
Peluang:
-Lebih banyak dicari dalam bentuk baterai daripada PLTA
Ancaman:
-Banyak pesaing yang lebih unggul
Itu adalah analisis sederhana kami
Desain Logo Baterai Go ARAH
Perawatan dan Pemeliharaan
Dalam merawat dan memelihara bahan produk kami, keandalan ketersediaan
pasokan listrik harus tetap dijaga seperti hal-hal berikut ini:
1. Pemeliharaan (maintanance) secara berkala setiap minggu. Kendala kerusakan seperti angin yang terlalu keras atau terhantam benda keras. Hal ini menjadi tantangan bagi masyarakat untuk mendalami langkah-langkah perbaikan terutama bagi pemilik produk
2. Kendala rusaknya kincir karena terpaan kincir angin yang melebihi kecepatan, dibutuhkan pengendalian pengoperasian
3. Kendala korosi pada dinamo sepeda. Pemeliharaan dengan memberikan pelapisan/pengecatan secara berkala agar uap air yang mengandung garam dapat diatasi
4. Pemuaian pada generator karena adanya energi panas. Perawatan yang dilakukan dengan melakukan pembongkaran komponen dan menggulung ulang kumparan
Selamat berhasil dalam merawat dan memelihara
Target Pemasaran
Produk
Rincian biaya:
1. Pemeliharaan (maintanance) secara berkala setiap minggu. Kendala kerusakan seperti angin yang terlalu keras atau terhantam benda keras. Hal ini menjadi tantangan bagi masyarakat untuk mendalami langkah-langkah perbaikan terutama bagi pemilik produk
2. Kendala rusaknya kincir karena terpaan kincir angin yang melebihi kecepatan, dibutuhkan pengendalian pengoperasian
3. Kendala korosi pada dinamo sepeda. Pemeliharaan dengan memberikan pelapisan/pengecatan secara berkala agar uap air yang mengandung garam dapat diatasi
4. Pemuaian pada generator karena adanya energi panas. Perawatan yang dilakukan dengan melakukan pembongkaran komponen dan menggulung ulang kumparan
Selamat berhasil dalam merawat dan memelihara
Target Pemasaran
Target Pemasaran
Produk
Rincian biaya:
- Dinamo=Rp85.000
- Kayu=Rp50.000
- Kincir=(Botol Big Cola 2,5 l)
- Avometer=Rp35.000
Desain
Desain Kerangka Poros Turbin Angin.
Gambar pada kertas, ini adalah rancangan papan tempat turbin di pasang di tengah,
dengan porosDESAIN ROTOR YANG DILETAKKAN DI DASAR PAPAN PLTA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar