Minggu, 21 Februari 2016

Contoh Soal teks Eksposisi dan Pembahasan

Bacalah teks eksposisi berikut !
Ekonomi Indonesia
Ekonomi Rakyat adalah “kegiatan ekonomi rakyat banyak”. Jika dikaitkan dengan kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau peternak atau nelayan kecil, petani gurem, nelayan tanpa perahu, petani tanpa tanah dan sejenisnya; dan bukan peternak besar, MNC pertanian, perkebunan dan sejenisnya.
Perspektif lain dari ekonomi rakyat ddapat pula dilihat dengan menggunakan perspektif jargon:”ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”
“Dari rakyat”, berarti kegiatan ekonomi ituu berkaitan dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas rakyat terhadap sumber daya ekonomi. Rakyat menguasai dan memiliki hak atas sumber dayaa untuk mendukung kegiatan produktif dan konsumtifnya.
“Oleh Rakyat”, berarti proses produksi dan konsumsi dilakukan dan diputuskan oleh rakyat. Rakyat memiliki hak atas pengelolaan proses produktif dan konsumtif tersebut. Berkaitan dengan sumberdaya (produktif dan konsumtif), rakyat mempunyai alternatif untuk memilih dan menentuukan sistem pemanfaatan, seperti berapa banyak jumlah yang harus dimanfaatkan, siapa yang memanfaatkan, bagaimana proses pemanfaatanya, bagaimana menjaga kelestarian bagi proses pemanfaatan berikutnya, dan sebagainya.
“Untuk rakyat”, berarti rakyat banyak merupakan ‘beneficiaries utama dari setiapp kegiatan produksi dan konsumsi. Rakyat menerima manfaat, dan indikator kemanfaatan palingg utama adalah kepentingan rakyat.
Dalam hal ini butuh pula dikemukakan bahwa ekonomi rakyat bisa berkaitan dengan siapa saja, dalam arti bahwa kegiatan transaksi bisa dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”. Juga tak ada pembatasan mengenai besaran, jenis produk, permodalan, sifat usaha dan sebagainya. Ekonomi rakyat tidak ekslusif tetapi inklusif dan terbuka. Kendati demikian, sifat fundamental diatas telah pula menciptakan suatu sistem ekonomi yang terdiri dari pelaku ekonomi, norma, kesepakatan dan mekanisme transaksi, yang umumnya telah memfasilitasi ekonomi rakyat untuk bisa bertahan hidup dan berkembang sejalan dengan perkembangan sosial ekonomi masyarakatnya.
1. Teks eksposisi tersebut berisi tentang . . .
          A.     Ekonomi rakyat Indonesia yang kebanyakan berasal dari pertanian.
          B.     Kesejahteraan rakyat terjamin dengan adanya “Ekonomi Rakyat”.
          C.     Produktifitas petani di Indonesia.
          D.     Kemajuan politik ekonomi di Indonesia.
          E.      Program pemerintah.
2. Kalimat di bawah ini yang merupakan tesis yakni . . .
         A.     Ekonomi Rakyat adalah “kegiatan ekonomi rakyat banyak”.
         B.     Jika dikaitkan dengan kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau peternak atau nelayan kecil, petani gurem, nelayan tanpa perahu, petani tanpa tanah dan sejenisnya.
         C.     Perspektif lain dari ekonomi rakyat ddapat pula dilihat dengan menggunakan perspektif jargon:”ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”
         D.     “Untuk rakyat”, berarti rakyat banyak merupakan ‘beneficiaries utama dari setiapp kegiatan produksi dan konsumsi.
        E.      Dalam hal ini butuh pula dikemukakan bahwa ekonomi rakyat bisa berkaitan dengan siapa saja, dalam arti bahwa kegiatan transaksi bisa dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”.
Bacalah teks eksposisi berikut!
Teh hijau dapat berfungsi menjaga kesehatan kulit secara alami. Hal tersebut di karenakan teh hijau dapat melindung kulit kita dari sengatan sinar ultraviolet sehingga secara tidak langsung dengan sering mengkonsumsi teh hijau dapat membuat kita terhindar dari penyakit kanker kulit. Selain dapat mencegah penyakit kanker kulit, teh hijau juga terbukti mampu membuat kulit kita tidak cepat keriput.
3. Ide pokok paragraf di atas adalah…
  1. Teh hijau berfungsi menjaga kesehatan kulit.
  2. Teh hijau melindungi kulit dari sengatan sinar ultraviolet.
  3. Teh hijau mampu membuat kulit tidak cepat keriput.
  4. Teh hijau menjaga kesehatan tubuh.
  5. Teh hijau baik untuk dikonsumsi.
Bacalah penggalan teks eksposisi tersebut!
Orang yang gemar bersepeda umumnya orang yang suka pada alam. Sebaliknya, orang yang tak pernah bersepeda kebanyakan orang kota yang ke mana-mana terbiasa naik mobil nyaman. Mereka akan menggerutu jika menemui jalan sempit di desa-desa.
4. Teks eksposisi di atas termasuk ke dalam jenis teks eksposisi pertentangan karena…
  1. Adanya pertentangan antar sepeda alam dengan mobil kota.
  2. Adanya kata ‘sebaliknya’ yang menunjukan pertentangan antara orang yang gemar bersepeda dengan orang yang terbiasa naik mobil nyaman.
  3. Karena pertentangan orang yang gemar sepeda dengan orang yang terbiasa naik mobil nyaman.
  4. Pertentangan antara orang yang gemar sepeda dengan orang yang yang terbiasa naik mobil nyaman.
  5. Perbandingan antara orang yang gemar sepeda dengan orang yang gemar dengan mobil.
Bacalah penggalan teks eksposisi berikut !
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam beberapa kesempatan menjelaskan bahwa, kurikulum 2013 diprioritaskan pada sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah berstandar Internasional, yang biasa disingkat dengan RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional). Syarat keterjangkauan distribusi buku juga menjadi syarat terhadap sekolah pelaksana kurikulum 2013.
Musliar Kasim selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beranggapan, bahwa Kurikulum 2013 lebih menonjolkan praktik daripada hafalan. Sebab selama ini, peserta didik banyak dibebani hafalan, yang justru dirasa kurang meningkatkan kreativitas.
Meutia Hatta, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden mengungkapkan bahwa kurikulum 2013 ini bertujuan untuk membentuk karakter generasi berkualitas, cinta tanah air dan bangsanya. Selain itu kurikulum 2013 juga menitikberatkan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga generasi mendatang tetap mempunyai jati diri bangsa Indonesia dan berkualitas.
5. Teks tersebut merupakan bagian . . .
A.     Argumentasi karena memaparkan bukti berupa pendapt orang lain.
            B.     Tesis karena Merupakan gagasan utama atau prediksi penulis tentang sebuah permasalahan yang berdasarkan fakta.
            C.     Penegasan ulang pendapat Merupakan penguatan kembali atas pendapat.
            D.     Tesis karena berisi fakta dan  bukti .
            E.      Argumentasi karena berisi pernyataan yang diulang-ulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar