Minggu, 21 Februari 2016

Kerangka Pidato



Kerangka Pidato
Topik               : Cara Memilih Jurusan yang Tepat di Perguruan Tinggi
Tujuan             : Menjelaskan/memaparkan pentingnya memilih jurusan
Isi                    :
1.      Mengenali minat dan bakat
2.      Mencari informasi mengenai program study.
3.      Memperhitungkan biaya.
4.      Mendiskusikan pilihan dengan orangtua.
5.      Berusaha dan berdoa.
                                                     
Pembukaan :
Assalmualaikum Wr Wb,
Hadirin yang berbahagia,
Pada kesempatan yang berbahagia ini izinkan saya untuk menyampaikan sepengal kata yang semoga dapat bermanfaat untuk kedepannya. Sebelumnya perkenalkan nama saya Mohammad Agung Dirmawan.

Isi :
Bagi kalian yang ingin meneruskan pendidikan masuk ke perguruan tinggi, tentunya harus sudah menyiapkan jurusan apa yang akan diambil nanti. Berdasarkan riset hasil penelitian Wongkar(1990), perencanaan pendidikan masih belum banyak diterapkan pada pelajar di Indonesia. Hal ini dikarenakan sebagian anak belum mengetahui bakat dan minatnya sendiri. Tak sedikit anak yang memilih jurusan kuliah atas dasar mengikuti teman ataupun atas kemauan orang tua. Padahal jika salah dalam memilih jurusan akan ada dampak yang signifikan terhadap kehidupan di masa depan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dan trik untuk memilih jurusan yang tepat di perguruan tinggi.
Pertama, kenalilah minat dan bakat. Setiap orang tentu memiliki cita-cita yang menjadi target dan tujuan dalam hidup . Umumnya cita-cita bersesuaian dengan minat atau bakat seseorang. Dalam memilih program studi, sebaiknya mengenali minat dan bakat agar ketika menjalani perkuliahan, tidak merasa bahwa jurusan yang dipilih tidak sesuai dengan passion .
Kedua, cari informasi mengenai program study. Ketika telah memikirkan beberapa program studi yang sesuai dengan minat dan bakat , ada baiknya segera mencari informasi mengenai program studi tersebut dari berbagai sumber. Carilah informasi mengenai profil jurusan-jurusan di perg, bagaimana proses perkuliahannya, dan tentu saja bagaimana prospek masa depan jurusan itu. Informasi-informasi tersebut akan bermanfaat bagi Anda dalam membulatkan tekad.

Ketiga , perhitungkan biaya sebelum memutuskan pilihan, tentunya Anda harus memperhatikan faktor biaya. Oleh karena itu, ada kalanya Anda harus menyesuaikan anggaran biaya yang mampu ditanggung orangtua . Anda tentu tidak dapat memaksakan kehendak untuk memilih jurusan tertentu di perguruan tinggi tertentu yang biaya kuliahnya tidak terjangkau oleh orangtua .

Selanjutnya, diskusikanlah pilihan Anda dengan orangtua. Pastikan bahwa pilihan Anda merupakan pilihan yang direstui oleh kedua orangtua. Tidak jarang seorang murid harus merelakan kursi PTN yang telah dia perjuangkan hanya karena ternyata orangtuanya tidak setuju dengan jurusan yang ia pilih atau karena lokasi PTN yang terlalu jauh. Jangan sampai itu terjadi pada Anda. Diskusikanlah setiap keputusan anda dengan orangtua sekalipun itu hanya pilihan terkahir.

Keempat, persiapkanlah alternatif dalam menentukan pilihan, persiapkanlah sebuah alternatif yang pasti dapat membantu Anda jika tujuan utama tidak tercapai. Dalam hal ini, Anda harus bijak dalam menentukan pilihan I, II, dan III. Pada pilihan pertama, pilihlah jurusan atau program studi yang diinginkan dan berpeluang lulus meskipun peluangnya kecil. Di pilihan kedua, pilihlah jurusan yang peluang lulusnya lebih besar daripada pilihan pertama. Nah, pada pilihan ketiga pilihlah jurusan yang peluang lulusnya 100%. Artinya anda pasti lulus di jurusan itu.
Yang terakhir dan paling penting adalah usaha dan doa. Dalam hal ini usaha merupakan aspek terpenting, untuk dapat masuk jurusan yang diinginkan. Setelah berusaha hedaknya kita selalu berdoa dan menyerahkan segala keputusan kepada Allah Swt.

Penutup :
Demikian pidato yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga bisa bermanfaat untuk kedepannya .
Wassalamualaikum Wr. Wb.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar